Beranda Olahraga Aminullah Buka Turnamen Catur Piala Wali Kota

Aminullah Buka Turnamen Catur Piala Wali Kota

BERBAGI
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, membuka secara resmi Turnamen Catur Piala Wali Kota, Sabtu (29/6/2019), yang digelar di Boss Kupi Pelanggahan, Banda Aceh. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, membuka secara resmi Turnamen Catur Piala Wali Kota, Sabtu (29/6/2019), yang digelar di Boss Kupi Pelanggahan, Banda Aceh.

Acara yang diikuti 54 peserta non atlet (amatir) dan 14 peserta khusus (master) itu, mendapat sambutan Wali Kota Aminullah.

Ikut hadir mendampingi Wali Kota Aminullah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bachtiar, Kadispora, Hamdani, para Staf Ahli dan sejumlah Kepala SKPK jajaran Pemko lainnya.

“Mari kita jadikan olahraga catur ini sebagai ajang silaturrahmi yang baik. Dan kita berharap dengan diadakannya event ini, maka dapat memelihara bakat percaturan Kota Banda Aceh, di mana telah meraih banyak prestasi baik di tingkat daerah maupun nasional,” ujar Aminullah.

Aminullah menyebutkan, Pemko sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan ajang ini, katanya, nantinya akan melahirkan pecatur-pecatur baru yang handal untuk mewakili Banda Aceh di kancah yang lebih tinggi.

Sebagai sosok yang dikenal cinta olahraga, Aminullah juga memaparkan manfaat bermain catur itu sendiri.

“Olahraga catur ini melatih otak, mengharuskan kita berpikir tajam dan selangkah lebih maju dari lawan. Kita harus bisa memutuskan langkah terbaik dalam waktu yang sempit,” jelas Aminullah.

Kata Aminullah, catur juga memberi multi manfaat bagi masyarakat sekitar. “Dengan dilaksanakan event-event seperti ini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia, Dian Rahmat Syahputra mengatakan, diselenggarakannya turnamen catur ini untuk mengarahkan pemuda ke arah yang lebih positif.

“Catur adalah permainan yang menyehatkan pikiran. Di samping itu ini adalah sebagai bentuk upaya agar pemuda terhindar dari bahaya narkotika dan sejenisnya,” ujar Dian.

Kadispora Banda Aceh, Hamdani, juga ikut menyampaikan komitmennya dalam memajukan olahraga catur. Katanya, untuk kedepan akan dibangun satu Gelanggang Olahraga (GOR) yang akan dikhususkan bagi para atlet dan olahragawan catur.

“Semua akan berpusat di sini. Ini akan menjadi wadah bagi para pemain catur. Kedepan akan kita adakan berbagai event nasional juga di sini, tentunya akan berpengaruh juga pada wisata daerah,” kata Hamdani.

Ada yang menarik, sebelum acara dimulai, Wali Kota Aminullah melakukan pertandingan eksibisi versus T Arief Khalifah, anggota dewan kota terpilih (periode 2019-2024).

Pada pertandingan itu, Aminullah berhasil meringkus lawannya dalam waktu kurang dari tiga menit pada ‘blitz chess match’. Tampak penonton ikut bersorak terhibur. Aminullah juga memberikan tambahan hadiah senilai lima juta rupiah bagi masing-masing kategori pertandingan.

Pada pertandingan catur yang dipertandingkan itu nantinya menggunakan sistem “Swiss 7 babak” dengan waktu 25 menit. Acara yang berlangsung selama dua hari itu pun turut mengundang antusias masyarakat, khususnya kaum muda, dan warga sekitar juga ikut menyaksikan.(riz)

BERBAGI