Beranda Aceh Ikatan Santri Dayah Darul Hikmah Safari Ramadhan

Ikatan Santri Dayah Darul Hikmah Safari Ramadhan

BERBAGI
Para santri foto bersama usai melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan dengan masyarakat Desa Lamteungoh Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya, Sabtu (25/5/2019.). (Foto/Ist).

Calang (Waspada Aceh) – Santri yang menempuh pendidikan agama di dayah, baik di Kabupaten Aceh Jaya mau pun luar kabupaten, tergabung dalam Ikatan Santri Dayah (ISANDA) Darul Hikmah, melaksanakan Safari Ramadhan 16 – 25 Mei 2019 di Aceh Jaya.

Kegiatan yang bertujuan mempererat silahturahmi antara santri dayah dengan masyarakat setempat, dilaksanakan di 19 desa dalam Kecamatan Darul Hikmah dan 1 desa di Kecamatan Sampoiniet.

“Berkat kerjasama, partisipasi, apresiasi dan batuan sumbangan secara sukarela yang terus berdatangan, kegiatan ini kita laksanakan,” tutur Tgk. Zahlul Fahmi, Ketua Umum Ikatan Santri Dayah (ISANDA) Darul Hikmah kepada waspadaaceh.com, Minggu (26/5/2019).

Dia menambahkan, sebagai bentuk rasa terima kasih, di akhir Safari Ramadhan selalu melaksanakan samadiyah (tahlil) yang diniatkan untuk kaum muslimin yang sudah meninggal agar dijauhkan dari azab kubur.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga dilaksanakan di Desa Mata Ie Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, karena sebagian anggota ISANDA berdomisili di daerah tersebut.

Sementara, Tgk. Muhammad Zaini, tokoh sekaligus ulama muda Darul Hikmah saat dikonfirmasi menyampaikan, kegiatan seperti itu perlu didukung penuh agar para santri termotivasi dalam berdakwah di tengah masyarakat.

“Jika dinilai dari segi spiritual, pelaksaan kegiatan ini sangat berguna untuk bekal pencerahan kepada masyarakat banyak. Selain mendapat ilmu tentang agama juga menjadi motivasi bagi generasi untuk menuntut ilmu di dayah,” tuturnya.

Tgk. Muhammad Dahlan, sekretaris desa sekaligus imam Masjid Assasut Taqwa Kemungkiman Lamteungoh Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya, juga menyampaikan, dia menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. (Zammil).

BERBAGI