Beranda Pesta Demokrasi Ini Dia Wajah Anggota DPR RI Dapil 1 Aceh

Ini Dia Wajah Anggota DPR RI Dapil 1 Aceh

BERBAGI
Ilustrasi Pemilu 2019

Banda Aceh (Waspada Aceh)- Berdasarkan perolehan suara sementara yang dihimpun melalui Form C 1, di TPS dipastikan empat partai yakni Demokrat, PAN, Golkar, Gerindra memiliki wakil di DPR RI dari Dapil I Aceh.

Selain itu, bakal menyusul, PKB dan PKS, sementara kursi ke tujuh atau sisa kursi DPR RI, dilaporkan akan saling berebut antara Partai Nasdem dan PPP.

Teuku Riefky Harsya

Partai Demokrat, akan diwakilkan oleh Teuku Riefky Harsya (incumbent), untuk PAN, muncul pendatang baru, yakni Dek Gam, panggilan akrab Nazaruddin, yang selama ini dikenal sebagai tokoh olahraga Aceh.

Presiden Persiraja (klub Liga 2), ini berdasar informasi yang

Nazaruddin

Waspadaaceh.com himpun, Senin (22/4/2019), memperoleh suara tertinggi di Dapil 1 Aceh. Jumlahnya di atas 90.000 suara.

Dengan jumlah ini, Dek Gam bakal menggusur Muslim Aiyub, sang incumbent nomor urut 1. Meski perolehan suara Muslim Aiyub juga signifikan di atas 60.000 suara.

90 ribu suara Dek Gam diperoleh dari Aceh Besar 40 ribu suara, Banda Aceh, 15 ribu dan Aceh Jaya 11 ribu. Dari ke tiga daerah tersebut Dek Gam memperoleh suara tertinggi.

Suara lainnya, 10 ribu dari Aceh Barat, Abdya 7 ribu, Pidie dan Pidie Jaya 9 ribu, Sabang 1.000, Aceh Selatan, Gayo Lues dan Aceh Tenggara masing masing di atas 1000 suara.

“Jumlah suara ini kita kumpulkan dari saksi kita di TPS dan mereka memegang Form C 1 Insya Allah, sejauh ini suara kita tertinggi di Dapil 1 Aceh,” kata Dek Gam meyakinkan saat dihubungi Waspadaaceh.com.

HT Zulkarnaini

Untuk kursi ke tiga dari tujuh kursi DPR RI yang tersedia di Dapil 1 Aceh, disebutkan akan diraih Partai Golkar. Namun, siapa yang berhak meraih suara terbanyak, ada nama HM Salim Fakhry incumbent) dan HT Zulkarnaini (mantan Bupati Nagan Raya).

Salim Fakhry berdasarkan suara sementara yang masuk sudah

HM Salim Fakhry

tembus 64.000 suara. Namun, Ampon Bang, panggilan akrab Zulkarnaini, memgklaim perolehan suaranya sudah tembus di angka 70.000 ribu suara. Suara Ampon Bang, datang dari pemilih Nagan Raya 30 ribu, Aceh Barat, 15 ribu, lalu dari Abdya, Aceh Selatan dan Gayo Lues sekitar 6000 suara, serta daerah di dapil 1 lainnya. “Kita hitung sudah hampir 70 ribu,” ujar Ampon Bang.

Sedangkan suara Salim Fakhry lebih 40 ribu di Aceh Tenggara. Selanjutnya Aceh Singkil belasan ribu, Aceh Selatan, Gayo Lues, Pidie dan Pidie Jaya, sekitar 8.000 suara.

Caleq Nomor urut 1 Partai Golkar yakni Andi HS masih terus memantau suara di lapangan. Dia mengakui banyak kejadian di lapangan yang merugikan suaranya.

Andi HS diperkirakan mendapat 23 ribu suara di Aceh Tenggara, disusul di Gayo Lues dan Aceh Selatan sekitar 7 ribu dan kab/kota lainnya.

Caleg Golkar lainnya, Sulaiman Abda, (Wakil Ketua DPRA) dilaporkan, tertinggal jauh dari Salim Fakhry dan Ampon Bang.

Fadlullah

Partai Gerindra masih mengandalkan suara Fadlullah, sang incumbent yang memperoleh 20 ribu suara di PidieJaya. Namun suara Dek Fad, bisa dikejar oleh suara Dr Afifuddin, SH MH. Pengacara di Jakarta kelahiran Laweung, Pidie itu dikabarkan mendulang 20 ribu suara di Pidie dan suara di kab/kota lainnya hampir merata.

Berikutnya suara caleg Gerindra lainnya, Abdullah Saleh. Namun dilaporkan suaranya masih di bawah Dek Pad, panggilan Fadlullah dan Afifuddin. Selain itu, suara partai juga sangat signifikan, seiring isu Pilpres Prabowo-Sandi yang diusung antara lain Partai Gerindra.

Kursi ke lima dan enam masih akan diperebutkan antara caleg PKB, Irmawan S.Sos, MM dengan Ghufron Zainal dari PKS.

Irmawan

Irmawan sang incumbent dilaporkan telah mengumpulkan sekitar 80 ribu suara. Sedangkan Ghufron Zainal (Ketua DPW PKS Aceh) memperoleh suara badan 25 ribu, ditambah suara caleq di bawah Ghufron dan suara partai yang signifikan.

Ghufron Zainal

Kursi ketujuh DPR RI Dapil 1, berdasar perhitungan suara sementara akan diperebutkan caleq dari Partai Nasdem dan PPP. Dari Partai Nasdem, Tgk Anwar Ramli (Ketua Komisi IV DPRA) dari Fraksi PA, mendulang suara besar di Pidie dan Pidie Jaya, sekitar 45 ribu suara, ditambah suara Zaini Djalil, 15 ribu suara, Ir Zufri Hasanuddin ( mantan Bupati Abdya) dan Desi Fitriani, (jurnalis senior Metro Tv).

Tgk Anwar Ramli
Illiza Sa’aduddin Djamal

Sedangkan caleg PPP yang meraih suara terbanyak saat perhitungan sementara adalah Illiza Sa’aduddin Djamal, mantan Wali Kota Banda Aceh. Jumlahnya sekitar 25 ribu suara,disusul caleg PPP lain, yakni Ibnu Aqil sekitar 20 ribu suara, Amri M Ali,(Ketua DPW PPP Aceh) meraih 15 ribu suara dan T Zulfikar alias Ampon Zul sekitar 6 ribu suara.

Analis politik, Aryos Devada menyatakan, untuk kursi 1 sampai dengan 6 sudah mulai jelas siapa caleg dan partainya. Tapi untuk kursi sisa dia prediksi akan diperebutkan antara Tgk Anwar Ramli (Nasdem) dan Illiza Sa’aduddin Djamal. (Aldin Nl)

BERBAGI