Beranda Inforial Pemerintah Aceh Plt Gubernur: Pemilu 2019 di Aceh Diharapkan Meningkat

Plt Gubernur: Pemilu 2019 di Aceh Diharapkan Meningkat

BERBAGI
Plt Gubernur, Nova Iriansyah didampingi istrinya, Dyah Erti Idawati usai menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di Banda Aceh, Rabu (17/4/2019). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Hingga pukul 13.00 WIB, suasana di kota Banda Aceh tampak relatif sepi. Suasana seperti ini biasanya terjadi saat hari lebaran tiba. Namun, di hari libur ini, Rabu (17/4/2019), masyarakat berbondong- bondong meramaikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing gampong.

Sama halnya dengan suasana pencoblosan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh yang juga terpantau lancar. Lokasi TPS di kelurahan Bandar Baru, Kuta Alam, ini menampung sedikitnya 395 pemilih.

Rinciannya, di TPS 01 dengan 223 pemilih yang terdiri dari DPT 115 laki-laki dan 108 perempuan, sementara untuk TPS 02, terdata 172 pemilih dengan rincian 85 laki-laki dan 87 perempuan.

Informasi dari salah seorang petugas TPS, untuk pasien RSJ yang mencoblos ada tiga orang. Sisanya untuk warga kelurahan Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam.

“Sudah sejak pagi tadi, hanya tiga orang pasien RSJ yang mencoblos, didampingi pihak rumah sakit,” kata dia.

Plt Gubernur Harap Partisipasi Meningkat

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, berharap partisipasi pemilih di Aceh meningkat hingga 80 persen pada Pemilihan Umum 2019.

“Ini yang penting partisipasi kita. Pemilu dan Pilkada lalu kira-kira 70-an persen mudah-mudahan hari ini bisa 80an persen,” kata Nova Iriansyah saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 di Desa Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya.

Nova yang hadir ke TPS bersama istri, Dyah Erti Idawati, mengatakan dia sudah memantau sejumlah daerah pada Selasa (16/4/2019). Karena itu dia yakin partisipasi pemilih akan meningkat pada Pemilu kali ini.

Nova datang ke TPS sekira pukul setengah 10 pagi. Mengenakan baju putih dan celana biru. Nova tetap mengantri menunggu giliran. Usai keluar dari bilik pencoblosan dia memperlihatkan lima kertas terlipat yang sudah dia coblos kepada wartawan. Nova juga menampakkan jarinya yang sudah dicelupkan ke tinta.

Saat ditanya wartawan memilih siapa, Nova berujar, ā€¯pilih siapa ya? Kan luber, langsung umum bebas rahasia,” kata Nova. Menurutnya, Pemilu yang digelar hari ini berlangsung Luber dan Jurdil. (adv)

BERBAGI