Beranda Sumut Jokowi Unggul di Pusat Bisnis, Prabowo Unggul di Kawasan Pinggir

Jokowi Unggul di Pusat Bisnis, Prabowo Unggul di Kawasan Pinggir

BERBAGI
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi nyoblos di TPS 46, Jalan Karya Bakti, Pangkalan Masyhur, Medan Johor (foto/sulaiman achmad)

Medan – Capres Petahana 01 Jokowi dengan pasangannya Ma’ruf Amin unggul di TPS kawasan pusat bisnis di Medan, salah satunya di kawasan Asia Mega Mas–yang didominasi masyarakat keturunan Tionghoa, sedangkan rivalnya, Capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul di sejumlah kawasan pinggiran Kota Medan.

Pantauan wasapadaaceh.com, Rabu (17/4/2019), di Kota Medan, beberapa TPS di pusat bisnis kawasan Asia Mega Mas Medan hingga Jalan Sutrisno serta Jalan Asia Medan terpantau Jokowi-Amin unggul. Capres petahana ini unggul rata-rata dengan kisaran selisih suara cukup signifikan sekitar 50-100 suara.

Jokowi-Amin juga unggul di sebagian ruas jalan Kota Medan di kawasan Jalan Aksara Medan. Namun, Jokowi-Amin kalah di beberapa kawasan di seputaran Kota Medan seperti Jalan Madio Santoso, Jalan Sentosa Lama dan Jalan Sentosa Baru.

Sementara itu, pasangan capres Prabowo-Sandi unggul di kawasan pinggiran Kota Medan seperti di Kecamatan Medan Marelan. Sejumlah titik TPS di kawasan Medan Marelan, Prabowo unggul cukup tinggi meninggalkan rivalnya Jokowi-Amin.

Prabowo terpantau unggul selisih suara yang cukup jauh dengan Jokowi-Amin. Prabowo unggul sekitar 100 suara rata-rata di Medan Marelan. Sementara di kawasan Medan Deli Jalan Yos Sudarso, Prabowo juga terpantau unggul dari Jokowi-Amin. Di kawasan ini dikenal sebagai kawasan industri dan pusat bisnis karena terdapat Kawasan Industri Medan (KIM). Medan Marelan dan Medan Deli adalah empat kecamatan paling pinggir dari Kota Medan yang tergabung dengan Kecamatan Medan Belawan dan Medan Labuhan.

Capres petahana Jokowi juga dilaporkan unggul telak di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara.Daerah ini dodominasi masyarakat dari etnis Batak. Di TPS 43 Jalan Pemasyarakatan misalnya, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 131 suara. Sedangkan Pasangan Capres/Cawapres 02, Prabowo-Sandi, hanya meraup 15 suara. Jumlah suara sah 146 dan tidak sah 1.

Di TPS 57, Jokowi-Ma’ruf juga unggul telak dengan 90 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya 14 suara. Kemudian di TPS 37 Jokowi-Ma’ruf meraup 128 suara dan Prabowo-Sandi hanya 16 suara.

Di sejumlah TPS lainnya di Tanjung Gusta, Jokowi-Ma’ruf juga dilaporkan unggul telak dari Prabowo-Sandiaga. Perhitungan suara oleh KPPS, disaksikan para saksi dan dari pihak Bawaslu.

Di tempat lain, yakni di TPS 27 Desa Sukamaju, Sunggal, Deli Serdang, Jokowi-Ma’ruf juga unggul dengan perolehan suara 82, sementara Prabowo-Sandiaga 49 suara dan suara tidak sah 1. (sulaiman achmad)

BERBAGI