Beranda Life Style Buah Semangka untuk Penderita Asam Urat

Buah Semangka untuk Penderita Asam Urat

BERBAGI
Semangka (Foto/Komp)

“Saya kalau makan semangka perut kembung dan pusing,” kalimat ini sering diucapkan orang seseorang yang mengalami masalah ketika memakan semangka.

Buah semangka memang buah yang memiliki kandungan likopen. Jadi terkadang, bagi sebagian orang yang mangonsumsi semangka dalam jumlah besar, dapat menyebabkan mual, kembung, diare, muntah, dan gangguan pencernaan.

Semangka atau dalam bahasa latin disebut citrullus lanatus, termasuk dalam suku ketimun (cucurbitaceae). Dan masih berkerabat juga dengan labu-labuan dan melon.

Semangka untuk asam urat

Tapi tahukan Anda bahwa semangka seseungguhnya lebih banyak manfaatnya? Ternyata semangka baik pula bagi penderita asam urat.

Penyakit asam urat adalah kondisi di mana darah kelebihan zat asam urat yang menumpuk di bagian persendian. Penumpukan zat asam urat tersebut kemudian membentuk kristal-kristal tajam yang menyebabkan munculnya gejala nyeri tak tertahankan, bengkak, serta rasa panas di persendian.

Penyakit ini bisa dialami oleh orang yang mengonsumsi makanan dan minuman berpurin tinggi. Penyakit asam urat juga dapat dialami oleh penderita diabetes, darah tinggi, obesitas, ataupun penyakit ginjal kronik.

Penyakit asam urat bisa ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter. Tapi, ada baiknya jika penderita bisa mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh melalui diet purin yang salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah semangka.

Selain rasanya manis, semangka ternyata mempunyai kandungan gizi serta fitokimia di dalamnya yang bisa membantu mengatasi penyakit asam urat. Semangka mengandung likopen yang sangat mudah larut di dalam air dan juga mudah diserap tubuh untuk memerangi radikal bebas.

Semangka juga mengandung air yang cukup tinggi sehingga bisa melarutkan penumpukan kadar asam urat di dalam darah dan mengurangi bengkak pada sendi. Satu hal lagi, semangka juga bisa meningkatkan produksi urin sehingga kadar purin tak akan terlalu tinggi dan bisa diturunkan secara aman dan alami.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, semangka bisa Anda konsumsi secara langsung atau bisa mengkombinasikannya dengan makanan lain yang juga bermanfaat untuk penderita asam urat.

Jika Anda membuat semangka menjadi jus, jangan pernah menambahkan gula atau susu, karena hal itu bisa memperlambat proses pencernaan.(sulaiman achmad)

BERBAGI