Beranda Aceh Ratusan Batang Besi Jetty Raib di Ujong Pi, Pidie

Ratusan Batang Besi Jetty Raib di Ujong Pi, Pidie

BERBAGI
Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, sedang memperhatikan kondisi terakhir jetty (dermaga-red) pantai Ujong Pi, Kecamatan Muara Tiga, yang telah rusak akibat dimakan usia, Rabu (13/3/2019). (Foto/Muhammad Riza)

Sigli (Waspada Aceh) – Ratusan batang besi lantai jetty (dermaga-red) Gampong Ujong Pi, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, raib jatuh ke laut dan sebagian masih bisa diamankan di Mapolsek setempat.

Camat Muara Tiga, Muhammad Yusuf, Rabu (13/3/2019), mengungkapkan, besi-besi itu hilang karena bangunan jetty itu telah lama dibiarkan rusak. Berdasarkan keterangan warga setempat, sebagian besi lantai jetty itu terjatuh ke dalam laut.

Kemudian warga menyelam dan mengambil besi-besi itu diangkat kedarat. “Sekarang besi-besi yang diselamatkan warga sudah diamankan di kantor Mapolsek Muara Tiga,” kata Muhammad Yusuf.

Waka Polres Pidie, Kompol Iskandar, membenarkan ada sejumlah besi bekas konstruksi jetty pantai Gampong Ujong Pi, saat ini telah diamankan pihaknya di Mapolsek Muara Tiga. Berdasarkan penulusuran, besi jetty tersebut dibangun pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami oleh Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) Aceh-Nias.

“Namun pada saat kami telusuri dan kami tanyakan ke dinas-dinas terkait. Baik itu dinas yang ada di Pidie mapun di Provinsi Aceh, tidak ada yang mengakui, kalau bangunan jetty itu aset mereka. Jadi sekarang kami amankan saja di Mapolsek,” kata Kompol Iskandar.

Diakui Iskandar, kontruksi bangunan jetty tersebut telah rusak karena dimakan usia, terlebih besi-besi itu kondisinya sudah karatan dan patah karena terkena terjangan air laut.

Wakil Vupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, menegaskan jetty (dermaga-red) Gampong Pasi Ujong Upi, Kecamatan Muara Tiga, perlu segera diperbaiki mengingat bangunan tersebut adalah salah satu destinasi wisata yang sangat digandrungi masyarakat. Meskipun saat ini tidak ada satu pihak pun yang mengakui bahwa jetty itu aset instansi tertentu.

Fadhlullah dengan bijak menegaskan akan segera berkoordinasi dengan jajaranya terutama dinas terkait serta melakukan koodinasi dengan pihak provinsi, supaya dapat diambil langkah kongkrit dalam upaya membangun atau merehab kembali bangunan jetty tersebut.

Menurut dia, terlepas dari aset siapapun, bangunan jetty itu jelas bangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga setempat. Dengan adanya jetty itu banyak warga yang datang berwisata ke lokasi pantai tersebut, meski mereka hanya datang sekadar berselfie ria di atas badan jetty itu.  (b10)

BERBAGI