Beranda Olahraga PB PODSI Harapkan Aceh Berkontribusi Ciptakan Atlet Dayung Nasional

PB PODSI Harapkan Aceh Berkontribusi Ciptakan Atlet Dayung Nasional

BERBAGI
Ketua PB PODSI, Basuki Hadimuljono, ketika menyerahkan pataka kepada Ketua Umum Pengprov PODSI Aceh, Sulaiman Badai, di Hermes Palace Banda Aceh, Senin (11/3/2019). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB-PODSI), Basuki Hadimuljono, berharap Aceh bisa berkontribusi menyediakan atlet dayung bagi Indonesia, untuk meraih medali di berbagai event international.

Harapan tersebut disampaikan Basuki saat melantik dan mengukuhkan Pengurus Provinsi (Pengprov) PODSI Aceh masa bakti 2017 – 2021, di Hermes Hotel Banda Aceh, Senin (11/3/2019).

Basuki yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini menyebutkan, atlet dayung merupakan penyumbang medali emas di SEA Games.

“Kita berharap Aceh bisa memberi kontribusi atlet nasional di masa mendatang,” ujarnya.

Untuk itu ia menyatakan, PODSI mendukung penyiapan sarana bagi pembinaan atlet dayung dan PON XXI/2024 di Aceh.

Katanya, sarana sangat penting untuk pembinaan prestasi atlet. PODSI Aceh juga dapat memanfaatkan waduk keliling di Aceh Besar sebagai sarana latihan dalam rangka pembinaan. Waduk tersebut nantinya tidak hanya untuk rekreasi akan tapi bisa juga untuk olahraga.

“Saat ini semua daerah sudah melakukan persiapan untuk menghadapi Pra PON. Kita harap Aceh dapat mempersiapkan atlet secara maksimal,” sebutnya.

Dia menambahkan, PODSI akan melaksanakan Pra PON, Juli dan Desember 2019 di Palembang, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

Pemerintah Aceh dukung Even Besar

Sementara Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan, Pemerintah Aceh mendukung pembinaan olahraga termasuk dayung dalam menghadapi event-event besar.

Untuk itu, Nova berpesan kepada pengurus PODSI Aceh untuk dapat melakukan seleksi dan pelatihan kepada para atlet untuk menghadapi Pra PON sebagai ajang seleksi untuk lolos ke PON XX/2020 di Papua.

Nova juga meminta pengurus yang baru dilantik ini melakukan konsolidasi ke setiap daerah. Memperbanyak event, sehingga selain meningkat prestasi olahraga dayung juga dapat mendukung pariwisata Aceh.

Menempatkan Atlet di Pelatnas

Dalam kesempatan sama, Ketua PODSI Aceh yang baru dilantik, Sulaiman Badai, mengungkapkan saat ini ada 500 atlet dayung dari 15 pengurus kabupaten/kota di Aceh. Berbagai event telah diikuti dan dilaksanakan, salah satunya PORA XIII/2018 di Aceh Besar.

Sulaiman menyebutkan, PODSI Aceh juga melakukan persiapan atlet untuk menghadapi Pra PON. Pihaknya akan meminta bantuan PB PODSI untuk menempatkan beberapa atlet dayung Aceh berlatih di pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

“Target kita bisa meloloskan sebanyaknya atlet ke PON,” ujarnya. (Ria)

BERBAGI