Beranda Inforial Pemerintah Aceh Pemerintah Aceh Prioritaskan Pembangunan Sarana Konektivitas di Pulau Banyak

Pemerintah Aceh Prioritaskan Pembangunan Sarana Konektivitas di Pulau Banyak

BERBAGI
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan rombongan disambut pelajar saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Banyak, Rabu (6/3/2019). (Foto/Humas)

Singkil (Waspada Aceh)  – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menuturkan, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan sarana konektivitas dan jaringan komunikasi di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil.

Plt Gubernur dalam sambutannya pada acara silahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Pulau Banyak Barat, di Aceh Singkil, Rabu (6/3/2019), mengatakan, kebutuhan dasar masyarakat Pulau Banyak Barat saat ini adalah tersedianya pembangunan sarana konektivitas. Dengan hadirnya pembangunan itu, kata Nova, persepsi Pulau Banyak Barat yang terisolir dan jauh dari ibu kota kabupaten dapat dihilangkan.

“Kita sudah membuat proyeksi apa yang harus kita bangun di Kabupaten Aceh Singkil, khususnya Pulau Banyak Barat. Secara teknis, nanti dinas provinsi akan menjalin hubungan dengan dinas di Kabupaten Aceh Singkil,” tuturnya.

Terkait pembangunan jaringan komunikasi seluler dan internet, Plt Gubernur Aceh akan meminta pihak terkait untuk menindaklanjuti pembangunan jaringan komunikasi itu di kecamatan setempat. Oleh karena itu dia meminta masyarakat setempat menyediakan lahan untuk pembangunan tower nantinya.

Selain pembangunan infrastruktur, Nova juga bertekad mengembangkan sektor ekonomi rumah tangga pada masyarakat Pulau Banyak Barat. Untuk itu, dia meminta Dinas Koperasi dan UMKM melakukan kegiatan fasilitasi pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat sehingga kesejahteraan masyarakat kecamatan kepulauan tersebut meningkat.

Dalam kesempatan itu, Nova mengingatkan masyarakat setempat untuk menjaga potensi wisata Pulau Banyak dengan cara merawat ekosistem dan lingkungan hidup pulau yang sudah cukup dikenal di dunia internasional itu.

“Kalau kita dapat menjaga ekosistem dengan baik, maka destinasi wisata kita akan berkembang. Saat ini kontribusi terbesar devisa negara telah bergeser dari sektor kelapa sawit ke sektor wisata,” kata Nova.

Nova mengungkapkan bahwa Pemerintah Aceh sudah berkomitmen untuk melakukan pembangun di Aceh Singkil. Karena itulah, dia meminta jajaran Pemerintah Aceh dalam kurun waktu tiga tahun lagi masa kepemimpinannya untuk melakukan kegiatan yang memberi dampak perubahan untuk Aceh Singkil, khususnya Pulau Banyak Barat.

Nova meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil agar tetap optimis dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pembangunan.

Sementara Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, mengungkapkan bahwa Kecamatan Pulau Banyak Barat adalah salah satu kecamatan paling terluar Aceh Singkil. Kecamatan ini, kata bupati, memiliki satu pemukiman dan empat desa. Di antaranya Desa Asantola, Haloban, Ujung Salit dan Suka Makmur.

Dulmusrid menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan jalan untuk menghubungkan konektivitas antar desa di kecamatan tersebut. Selain itu, dengan hadirnya Plt Gubernur di Kecamatan Pulau Banyak Barat, dia berharap pimpinan Pemerintah Aceh itu dapat melakukan pembangunan tower jaringan komunikasi.

Selain jaringan komunikasi, dia meminta kepada pihak Pemerintah Aceh juga melakukan pengembangan dermaga laut setempat. Dengan begitu, masyarakat Pulau Banyak Barat dapat mengakses kemudahan konektivitas.

“Kita doakan terus agar bapak gubernur dapat melanjutkan pembangunan. Khususnya di Kecamatan Pulau Banyak Barat,” tutupnya.

Kedatangan Plt Gubernur Aceh ke Kecamatan Pulau Banyak Barat disambut antusias oleh masyarakat setempat. Para siswa sekolah ikut berdiri berjejeran menyambut orang nomor satu di Aceh tersebut. (adv)

BERBAGI