Beranda Wisata & Travel Monumen RI-001 di Banda Aceh Ramai Dikunjungi

Monumen RI-001 di Banda Aceh Ramai Dikunjungi

BERBAGI
Warga bersama keluarga memanfaatkan liburannya ke lokasi Monumen Pesawat RI-001 sambil berjalan santai pagi dan senam bersama. (Foto/T. Ardiansyah)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Monumen RI-001 Seulawah, yaitu monumen pesawat Republik Indonesia (RI) pertama yang digunakan Presiden Soekarno, kini menjadi tempat wisata keluarga di Lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh.

Pesawat RI-001 ini memang memiliki sejarah panjang di kalangan rakyat Aceh, sebab dibeli dari uang hasil sumbangan para saudagar dan rakyat Aceh. Pesawat jenis Dakota ini dibeli atas permintaan Presiden RI pertama, Ir.Soekarno.

Presiden Soekarno kemudian menggunakan pesawat ini untuk melakukan perjalanan dan misi diplomatiknya ke dunia internasional. Soekarno juga menggunakan pesawat ini untuk mengunjungi kawasan-kawasan di nusantara.

“Saya membawa anak-anak ke lapangan ini untuk pembelajaran, agar anak-anak tahu bahwa pesawat pertama Indonesia dibeli dari uang rakyat Aceh. Di sini juga mereka bisa belajar hal lain,” kata salah seorang pengunjung, Minggu (3/3/2019) di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. (T.Ardiansyah)

BERBAGI