Plt Gubernur Minta Bupati Baru Pijay Kembangkan Sektor Pertanian

    BERBAGI
    Plt Gubernur Acen, Nova Iriansyah ketika melantik pasangan Aiyub Abbas - Said Mulyadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, periode 2019-2024 di Gedung DPRK Pidie Jaya, Senin (4/2/2019). (Foto/Ist)

    Pidie Jaya (Waspada Aceh) – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, agar mengembangkan sektor pertanian di daerah yang dia pimpin.

    Salah satu upaya pembangunan Pidie Jaya dapat dilakukan dengan mengembangkan potensi tersebut, kata Nova Iriansyah ketika melantik pasangan Aiyub Abbas – Said Mulyadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, periode 2019-2024 di Gedung DPRK Pidie Jaya, Senin (4/2/2019).

    “Sektor pertanian menyumbang PAD terbesar Pidie jaya, dimulai dari sawah yang begitu luas, coklat terbaik di Pijay dan kelapa sawit. Dengan potensi tersebut besar peluang untuk membangun Pidie jaya. Saya minta sektor tersebut untuk digenjot terutama pada komoditi seperti padi, jagung dan kedelai,” kata Nova.

    Selain itu, kata Nova, meski angka kemiskinan di Pidie Jaya menurun, namun persentase kemiskinannya masih berada di atas nasional. Oleh sebab itu, ia berharap ke depan pemerintah setempat dan semua pihak berusaha menurunkan angka kemiskinan sampai berada di bawah angka nasional.

    Nova juga mengingatkan kepada pasangan yang dilantik agar beberapa fasilitas publik yang belum selesai direhabilitasi dan direkonstruksi, supaya dipastikan pembangunannya selesai sebagaimana yang telah direncanakan. Fasilitas publik ini mengalami kerusakan akibat bencana gempa.

    “Pidie Jaya adalah daerah rawan bencana, karena itu saya minta pemerintah daerah untuk selalu waspada dan aktif melakukan sosialisasi mitigasi bencana,” tutur Nova.

    Reformasi birokrasi, kata Nova, harus selalu dibangun ke arah yang lebih baik, seperti penetapan APBK tepat waktu.

    Pada kesempatan itu, Nova mengimbau agar visi misi yang diusung oleh bupati dan wakil bupati agar selaras dengan visi Pemerintah Aceh. Sebagaimana yang tertuang dalam RPJM Pemerintah Aceh yakni mewujudkan Aceh damai, sejahtera, adil dan melayani.

    “Penyususnuan RPJM kabupaten dan kota harus mengacu pada RPJM provinsi dan nasional,” tutur Nova.

    Nova berharap pasangan yang dilantik itu dapat membangun hubungan harmonis dengan Pemerintah Aceh. Nova percaya bahwa pada periode kedua kepemimpinan bupati dan wakil bupati itu dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pidie Jaya.

    “Saya yakin dengan pengalaman di periode pertama dapat menjadi guru untuk pembangunan periode selanjutnya. Semoga saudara berdua dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baik nya,” kata Nova.

    Bupati Pidie Jaya dilantik, Aiyub Abbas, berterimakasih kepada seluruh elemen yang selama ini telah ikut serta dalam pembangunan Pidie Jaya. Ia mengajak seluruh masyarakat dari gampong sampai kabupaten untuk terlibat membangun Pidie Jaya.

    “Alhamdulillah, dengan berkat kerja sama masyarakat dalam pilkada, kami terpilih kembali,” kata Aiyub.

    Aiyub juga mengapresiasi kepada semua kandidat calon bupati yang ikut bersamanya dalam pilkada serentak silam. Menurutnya, semua kandidat yang maju pada pilkada Pidie Jaya mempunyai niat baik dalam membangun kabupaten tersebut. (adv)

    BERBAGI