Beranda Nasional Sosok Nicke Widyawati, “Komandan” Pertamina yang Baru

Sosok Nicke Widyawati, “Komandan” Pertamina yang Baru

BERBAGI
Nicke Widyawati, Plt Direktur Pertamina yang baru, menggantikan Elia Massa Manik. (Foto/Ist)
Nicke Widyawati, Plt Direktur Pertamina yang baru, menggantikan Elia Massa Manik. (Foto/Ist)

Banda Aceh (WaspadaAceh) – Siapa Nicke Widyawati? Wanita hebat yang kini memimpin perusahaan raksasa minyak dan gas nasional – Pertamina – adalah alumni Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 25 Desember 1967.

Pada Jumat (20/4/2018), Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) telah memutuskan menunjuk perempuan berhijab ini sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina, menggantikan Elia Massa Manik yang dicopot sebagai Direktur Utama perusahaan minyak tersebut.

Nicke Widyawati mengawali karirnya di dunia perbankan. Dia pernah bekerja di Bank Duta di Bandung tahun 1988, kemudian dia meninggalkan dunia perbankan dan beralih ke perusahaan konstruksi.  Nicke bergabung ke PT Rekayasa Industri pada tahun 1991, dan banyak bekerja di lapangan. Dia pernah dipercaya menjadi Direktur Utama Pt.Mega Eltra, sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan dan peralatan teknik.

Setelah dari Mega Eltra, karier Nicke yang Master Hukum Bisnis dari Universitas Padjajaran Bandung ini pindah ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di PLN, ia pernah berkarier sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN. Nicke merupakan perempuan pertama yang dipercaya menjadi direktur di perusahaan milik BUMN tersebut.

Nama Nicke mulai dikenal publik sejak tahun 2013, ketika dia memenangkan Anugerah Perempuan Indonesia 2013 dari Kementerian BUMN, dan penghargaan Women’s Work of Female Grace 2013 Indonesia dari Indonesia Asia Institute.

Sepak terjang Nicke di Pertamina dimulai sejak November 2017 lalu, ketika dia ditarik menjadi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus merangkap Plt. Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina. Dan kini akhirnya dia diangkat menjadi Plt Direktur Utama Pertamina menggantikan Elia Massa Manik.

BERBAGI