Beranda Aceh Peringati Bulan Rajab, PA Pidie Kenduri Apam dan Baksos

Peringati Bulan Rajab, PA Pidie Kenduri Apam dan Baksos

BERBAGI
Sekretaris DPW Partai Aceh, Kabupaten Pidie Tgk.Anwar Husen, (baju merah-red) sedang melihat para kaum ibu memasak apam di halaman belakang kantor DPW PA, Pidie. Kamis (12/4/2018). (Foto/Muhammad Riza)
Sekretaris DPW Partai Aceh, Kabupaten Pidie Tgk.Anwar Husen, (baju merah-red) sedang melihat para kaum ibu memasak apam di halaman belakang kantor DPW PA, Pidie. Kamis (12/4/2018). (Foto/Muhammad Riza)

SIGLI (WaspadaAceh): Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA) Kabupaten Pidie, Kamis (12/4/2018), melaksanakan kenduri apam (sejenis penganan dari tepung beras-red) dan melakukan bakti sosial (Baksos) berupa donor darah dan membersihkan masjid.

Sekretaris DPW Partai Aceh,Kabupaten Pidie, Tgk.Anwar Husen, Sip, MA.P, kepada WaspadaAceh, menjelaskan kegiatan kenduri apam dan bakti sosial yang dilakukan dalam upaya menumbuh-kembangkan tradisi dan budaya masyarakat Aceh, agar tidak tergerus oleh tradisi dan budaya luar.

Sebagai salah satu partai lokal terbesar di Aceh, PA kata dia, merasa bertanggungjawab dalam menjaga serta melestarikan budaya dan tradisi di daerah berjuluk Serambi Makkah tersebut.

Menurut Tgk.Anwar Husen, kenduri apam adalah salah satu tradisi masyarakat Aceh, khususnya warga di Kabupaten Pidie. Di mana, pada hitungan bulan ke tujuh (buleun apam-red) dalam kalender Aceh.

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di daerah itu mengadakan kenduri apam. Sejak zaman kesultanan Aceh, tradisi itu sudah populer di kalangan masyarakat Pidie. Selain di Pidie tradisi ini juga terkenal di beberapa daerah lainnya, Aceh Utara, Bireun dan Aceh Besar.

“Budaya dan tradisi ini perlu terus kita lestarikan dan budayakan hingga ke anak cucu kita kelak,” kata Tgk.Anwar Husen.

Dalam kegiatan tersebut, DPW PA Pidie juga mengadakan donor darah. Kegiatan donor darah itu terlaksana atas kerja sama dengan PMI Cabang Sigli.  Dari 100 lebih calon pendonor, sebanyak 65 kantong darah berhasil dikumpulkan Tim UTD PMI Cabang Sigli. (b10)

BERBAGI