Minggu, Mei 26, 2024
Google search engine
Beranda2 Pekan Terakhir, Nelayan di Aceh Selatan Panen Ikan Kuwe dan Kakap

2 Pekan Terakhir, Nelayan di Aceh Selatan Panen Ikan Kuwe dan Kakap

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Sejak dua pekan terakhir, para nelayan di Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, panen besar ikan yang dijaring menggunakan pukat darat.

Pawang pukat, Padhil, kepada Waspadaaceh.com, Selasa (20/4/2021), di Lhok Bengkuang, mengatakan, jenis ikan yang berhasil di tangkap jenis ikan gabu (kuwe) dan kakap.

Sebelumnya, menjelang Ramadhan 1442 H nelayan di Lhok Bengkuang Timur, panen ikan gabu (kawe) sebanyak 6 ton. Sementara Senin (19/4/2021) nelayan tersebut kembali berhasil menangkap ikan kakap sebanyak 3 Ton.

“Kita melabuh pukat darat bersama puluhan nelayan di perairan pantai laut Lhok Bengkuang. Selain ikan gabu dan kakap, lain lagi ikan teri setiap harinya nelayan mendapat 1 hingga 2 ton,” katanya.

Dalam tahun ini nelayan sudah empat kali panen ikan gabu, jelang Ramadhan, dengan jumlah yang lumayan banyak. Setiap menjelang Ramadhan, katanya, ikan tersebut selalu ada di perairan laut Lhok Bengkuang, Tapaktuan.

Dia sendiri mengakui dalam tahun ini sudah berhasil menangkap 11 ton ikan kakap menggunakan pukat daratnya. Ikan tersebut dipasarkan ke Sebulussalam, Meulaboh dan Medan, ke pengumpul dengan harga Rp35 ribu/Kg.

“Kita saban hari memantau ikan di perairan laut. Biasanya kalau sedang musim ikan teri, ikan gabu dan kakap pasti ada di daerah itu,” pungkasnya.

Pengamatan Waspadaaceh.com, sejumlah nelayan sedang menjahit atau memperbaiki pukat darat miliknya. Sementara nelayan lain memantau ikan di perairan laut Lhok Bengkuang Timur menggunakan boat. (Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER