Beranda Aceh Kodim Aceh Selatan dan BPBD Sosialisasi Aplikasi Inarisk

Kodim Aceh Selatan dan BPBD Sosialisasi Aplikasi Inarisk

BERBAGI
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma, sedang memberi materi tentang aplikasi Inarisk, (Foto/Faisal)

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Kodim 0107 Aceh Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar sosialisasi penanggulangan bencana melalui sistem aplikasi INARISK untuk wilayah Aceh Selatan, Jum’at (8/2/2019) di Makodim setempat.

Kepala Pelaksaan BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, menyampaikan, sosialisasi terkait materi tentang beberapa potensi bencana alam yang kemungkikan terjadi di wilayah Aceh Selatan.

“Tujuan mengembangkan pengetahuan tentang sistem aplikasi INARISK yang digunakan untuk mengetahui potensi dan mengantisipasi besarnya dampak bencana di daerah masing-masing,” jelasnya.

Cut Syazalisma, memaparkan pemahaman tentang potensi tsunami, pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi di daerah rawan bencana, hingga kemampuan dasar mitigasi rawan kebencanaan melalui aplikasi INARISK.

Semetara itu, Dandim 0107 Aceh Selatan melalui Danramil Samadua, Kapten Arh Rahman, menjelaskan peran Kodim dalam penanggulangan bencana meliputi pokok-pokok tanggap darurat dan mekanisme keterlibatan personel TNI AD di tingkat daerah.

Kriteria bencana alam, sebutnya, yakni prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana alam, serta langkah-langkah yang dilakukan sebelum, selama dan pasca bencana di wilayahnya. (Faisal)

BERBAGI