Beranda Aceh Telur Penyu Jenis Belimbing Direlokasi

Telur Penyu Jenis Belimbing Direlokasi

BERBAGI
Kelompok Konservasi Penyu Aroen Meubanja sedang melakukan relokasi telur penyu jenis belimbing, Minggu dini hari,di pesisir Pantai Aron Patah Desa Alue Piet Kecamatan Panga, Aceh Jaya. (Foto/zammil)

Calang (Waspada Aceh) –Kelompok Konservasi Penyu Aroen Meubanja memonitoring dan pendataan sekaligus merelokasi telur penyu jenis belimbing, pada Minggu dini hari (3/2/2019) di pesisir Pantai Aron Patah Desa Alue Piet Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

“Sesudah bulan April tahun 2018, baru semalam pada pukul 03.00 WIB, kami kembali merelokasi,” kata Murniadi, Ketua Kelompok Konservasi Penyu Aroen Meubanja, saat menghubungi Waspadaaceh.com melalui seluler.

Murniadi menambahkan, keberadaan penyu ini sudah sangat langka di perairan laut Aceh Jaya. Jika telur tidak dipantau dan dilindungi, akan dimangsa predator.

Di awal tahun 2019, lanjutnya, baru satu induk penyu jenis belimbing yang muncul ke permukaan pantai. Jika dibandingkan dengan tahun 2018 kemarin, kondisi ini sangat jauh menurun.

“Di awal tahun 2018 yang lalu, ada 3 atau 4 induk penyu belimbing yang terlurnya kami relokasikan namun kali hanya 1 induk saja. Ini menjadi catatan penting untuk bahan evaluasi kami terhadap perkembangan jenis penyu ini,” tuturnya (zammil).

BERBAGI