Dua Dokter Spesialis Berebut Kursi Ketua IDI Pidie

    BERBAGI
    dr.Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG dan dr.Faisal, Sp.A, kandidat calon Ketua IDI Pidie. (Foto/Muhammad Riza)
    dr.Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG dan dr.Faisal, Sp.A, kandidat calon Ketua IDI Pidie. (Foto/Muhammad Riza)

    Sigli (Waspada Aceh) – Musyawarah Cabang (Muscab) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pidie sepertinya akan berlangsung alot. Dua kandidat sudah menyatakan kesiapannya maju merebut kursi ketua IDI.

    Waspadaaceh.com mendapat informasi, Senin (14/1/2019), mereka yang sekarang menyatakan akan maju untuk berebut jabatan ketua di organisasi profesi dokter tersebut adalah, dr.Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG dan dr.Faisal, Sp.A.

    Muscab IDI Pidie rencanya digelar di Safira Hotel, Sigli, pada Sabtu (19/1/2019). Kegiatan itu juga akan diisi seminar bertajuk, “Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan Rujukan Online Berjenjang Berbasis Kompetensi di Wilayah Aceh.” Seminar akan menghadirkan pembicara dr.Zahliana dan dr.Cut Novarita dari BPJS Banda Aceh, dr.Munthadar dari Tim Kendali Mutu, Kendali Biaya (TKMKB) dan Kadis Kesehatan Aceh dr.Hanif.

    Dr.Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG, saat ditemui Waspadaaceh.com, menjelaskan alasannya maju sebagai salah satu kandidat calon Ketua IDI Pidie. Menurutnya hal itu atas dukungan teman-teman seprofesi, yang mempunyai tujuan ingin memotivasi para dokter.

    “Kita bersama teman-teman dokter berharap bisa terus meningkatkan keilmuan dan profesionalitas, dan melakukan kegiatan- kegiatan sosial dalam melayani kesehatan masyarakat seperti bakti sosial khususnya di Kabupaten Pidie,” ujarnya.

    Selain itu, kata Arika Husnayanti, juga mengadvokasi para dokter untuk mampu melakukan preventif, promotif dan kuratif dalam mengatasi masalah yang ada sekarang ini. Misalnya, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, stunting dan juga angka kesakitan yang lain, bekerjasama dengan pemerintah dan segenap elemen masyarakat.

    Putri pasangan dr. H Aboebakar Oemar.Sp.OG (K) dan Hj Hasnah Hasan, mengungkapkan akan berusaha meningkatkan kesejahteraan anggota IDI Pidie dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus IDI.

    “Tentu sesuai aturan organisasi dan juga etika profesi,” kata Arika Husnayanti Aboebakar. yang menyelesaikan pendidikan S1 di FK-USU tahun 2001. Dilanjutkan pendidikan dokter spesialis di FK-USU dan lulus 2006.

    Semenatara itu dr.Faisal, Sp.A mengatakan akan melanjutkan program periode yang saat ini sedang berjalan. Meningkatkan profesionalitas anggota IDI Pidie, seperti pendidikan berkelanjutan.

    Faisal juga bermaksud akan melanjutkan pembangunan kantor IDI, membina anggota secara etika dan spiritual dengan melanjutkan program pengajian mingguan, melanjutkan program pengabdian masyarakat serta program Gerakan Jumat Berkah (GJB).

    Dr Faisal.Sp.A, lulusan FK Unsyiah 2003 dan FK Airlangga/RSUD Dr Soetomo Surabaya untuk Spesialis Anak (Sp.A) lulus tahun 2013.

    Adapun Ketua IDI Pidie yang juga Ketua Panitia Pelaksana Muscab, dr.H.Kamaruzzaman, M.Kes, Senin (14/1/2019), mengakatan, Muscab IDI Pidie akan digelar, Sabtu (19/1/2019) di Safira Hotel, Sigli.

    Menurut dia, sesuai AD-ART IDI, kedua calon Ketua IDI Pidie tersebut memenuhi unsur untuk maju dan dipilih sesuai AD-ART organisasi. “ Anggota IDI Pidie yang berhak memilih, ada sekira 200 orang,” tandasnya (b10)

    BERBAGI