Heboh, Kemunculan Buaya Putih di Singkil

    BERBAGI
    Penampakan buaya putih di kawasan Sungai Rawa Singkil, yang diambil dari rekaman video warga berdurasi 14 detik, yang kini beredar luas di masyarakat. (Foto/Ist)
    Penampakan buaya putih di kawasan Sungai Rawa Singkil, yang diambil dari rekaman video warga berdurasi 14 detik, yang kini beredar luas di masyarakat. (Foto/Ist)

    Singkil (Waspada Aceh) – Video yang menampilkan kemunculan seekor buaya putih menghebohkan masyarakat Aceh Singkil sejak tiga hari terakhir ini. Buaya tersebut ditemukan sedang berjemur di pinggir sungai Singkil.

    Kemunculan buaya langka itu terekam melalui video yang berdurasi 14 detik, yang kini viral beredar sejak Sabtu kemarin. Buaya putih itu terlihat di atas pasir sedang berjemur, berada di pantai sungai Kilangan, sekitar 4 kilometer dari Pasir Tengah (Pasi Tangah).

    “Keberadaan buaya putih itu yang direkam oleh seorang penumpang perahu mesin yang melintas di sungai tersebut,” ujar seorang warga Singkil.

    Kawasan Rawa Singkil memang sudah dikenal tempat hidupnya reptil buas tersebut. Namun penemuan buaya berwarna putih merupakan kejadian langka.

    Wijaya, salah satu personel SAR Pulau Banyak yang dikonfirmasi Waspadaaceh.com, Senin (7/1/2019) membenarkan keberadaan video berdurasi 14 detik itu, diabadikan oleh anggota pramuka didikannya.

    “Iya benar, video itu ada, yang mengambil Fajar, adik pramuka binaan saya. Diperkirakan ada juga sepanjang 5 meter lebih. Karena meski direkam dari jauh tetap nampak besar kali buaya itu,” ujarnya.

    Video yang sempat dibagikannya melalui group WhatsApp SAR itu diabadikanl oleh Fajar pada Sabtu (5/1/2019) sekira pukul 13:30 WIB, di kawasan Pulau Pisang. Lokasi itu berjarak sekira 4 Kilometer dari Sungai Kilangan menuju kawasan Pasir Tengah.

    Warga Pulo Sarok Singkil itu juga mengaku pernah beberapa kali melihat kemunculan buaya putih tersebut di lokasi tersebut.

    “Memang jarang muncul, tapi sesekali ada juga yang liat dia saat muncul dan berjemur,” terang Wijaya.

    Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo menyebutkan, penampakan buaya itu sebuah hal yang biasa di Aceh Singkil. Apalagi di sungai kawasan itu memang habitatnya hewan buas tersebut.

    Tapi Sapto mengaku, hingga kini belum menerima laporan tentang adanya warga yang melihat seekor buaya putih tersebut. Menurutnya, penampakan buaya putih itu jauh dari pemukiman warga. (Cah)

    BERBAGI