Beranda Aceh Warga Minta Pasar Kuliner di Gunung Cencrang Segera Difungsikan

Warga Minta Pasar Kuliner di Gunung Cencrang Segera Difungsikan

BERBAGI
Pasar kuliner di kawasan Gunung Cencrang Desa Sawang Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, yang dibangun pada tahun 2016, kini terbengkalai. (Foto/zammil)
Pasar kuliner di kawasan Gunung Cencrang Desa Sawang Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, yang dibangun pada tahun 2016, kini terbengkalai. (Foto/zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Kondisi pasar kuliner di areal wisata Gunung Cencrang Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, yang dibangun pada tahun tahun 2016, kondisinya tidak terurus dan sudah dipenuhi semak-belukar.

Supriedi, salah seorang pelaku usaha di tempat itu mengatakan kepada Waspadaaceh.com, Rabu (2/2/2019), kondisi bangunan pasar tersebut cukup memprihatinkan dan terlantar.

“Dinas terkait seharusnya memfungsikan pasar kuliner tersebut untuk menyediakan lapak bagi warga ingin berjualan,” ujar Supriedi.

Menurutnya, jika pasar kuliner itu difungsikan, para pedagang tidak perlu lagi membuka lapak baru. Lebih penting lagi, tempat wisata menjadi tertata dengan baik.

Samentara Nur Ardiansyah, Sekretaris Dinas Perdagangan, Industri dan Koperasi (Disperindagkop) Aceh Jaya, saat dikonfirmasi Waspadaaceh.com menyebutkan, pada tahun 2017 dan tahun 2018, pasar kuliner tersebut sebenarnya sudah diserahkan kepada kepala desa setempat untuk dikelola dan difungsikan.

“Untuk pengelolaannya sudah kita serahkan pada kepala desa, namun terkendala dengan sewa sehingga pedagang belum bersedia menempati pasar tersebut,” tutur Ardiansyah.

Untuk tahun 2019 ini, lanjutnya, pada Maret nanti, pasar tersebut akan dibersihkan kembali. Tahap pertama, ujar Ardiansyah, akan digratiskan biaya pemakaian sebagai upaya untuk menghidupkan pasar kuliner tersebut.

“Semua ada tahapan dan kita berharap kerjasama semua pihak agar pada tahun ini, pasar tersebut bisa kita aktifkan,” tutup Ardiansyah. (zammil).

BERBAGI