Warga Bakongan dan Trumon Panik Akibat Isu Gempa

    BERBAGI
    Kawasan pantai di Aceh Selatan yang sempat diisukan tsunami. (Foto/Faisal)
    Kawasan pantai di Aceh Selatan yang sempat diisukan tsunami. (Foto/Faisal)

    Tapaktuan (Waspada Aceh) – Sebagain warga Bakongan dan Trumon, Aceh Selatan, Minggu malam (30/12/2018) sekitar pukul 12.00 WIB, sempat panik akibat beredarnya isu gempa dan tsunami.

    Hasballah, warga Desa Beurahan, Kecamatan Bakongan saat dikonfirmasi Waspadaaceh.com, Senin (31/12/2018), membenarkan masyarakat beberapa desa setempat di pesisir pantai sempat panik dan meninggalkan rumahnya.

    “Tadi malam, masyarakat bergerak mengungsi dan mengamankan barang berharga. Mereka menghindari kawasan pantai ke tempat yang lebih tinggi dan dirasa aman,” katanya.

    Selain di Kecamatan Bakongan, isu gempa dan tsunami juga menimbulkan kepanikan masyarakat di beberapa desa di Trumon Raya yang berdekatan dengan bibir pantai.

    Isu Gempa dan Tsunami Hoax

    Semantara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, menjelaskan bahwa isu gempa dan tsunami menjelang tahun baru 2019 adalah hoax (tidak benar).

    “Sampai saat ini prediksi gempa tidak pernah dikeluarkan oleh BMKG,” jelasnya.

    Dia menyebutkan, situasi itu telah menimbulkan kerawanan kriminal dan dampak lainnya yang merugikan masyarakat.

    “Kami imbau masyarakat, bila mendapatkan informasi yang meresahkan terkait bencana, segera konfirmasi ke Pusdalops BPBD Aceh Selatan,” tegasnya.(Faisal)

    BERBAGI