Banjir Bandang di Agara, Lalulintas ke Gayo Lues Terputus

    BERBAGI
    Luapan banjir juga menerjang inti kota Kutacane, Aceh Tenggara. (Foto/kba.one/bulkaini)
    Luapan banjir juga menerjang inti kota Kutacane, Aceh Tenggara. (Foto/kba.one/bulkaini)

    Kutacane (Waspada Aceh) – Banjir bandang yang menerjang Desa Natam, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara, Sabtu (29/12/2018), menghanyutkan 12 rumah warga dan memutus akses jalan Kutacane – Gayo Lues.

    Banjir terjadi setelah kawasan itu diguyur hujan deras di pegunungan, sejak pukul 16.00 WIB hingga Jumat malam (28/12/2018). Banjir juga menghanyutkan kayu beserta lumpur setinggi 2 meter, hingga menutupi badan jalan lintas Kutacane – Blangkejeren.

    Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Ramisin Selian, mengaku banjir di Desa Natam ini merupakan kali ketiga dalam bulan ini.

    Sebelumnya, kata dia, upaya pengerukan sedang dilakukan untuk membuka saluran di bawah jembatan dengan menggunakan escavator. Namun, debit air sungai sejak kemarin sore semakin meningkat dan pengerukan terpaksa dihentikan sementara waktu.

    “Untuk kerugian akibat banjir ini tengah dilakukan pendataan oleh BPBD,” katanya.

    “Arus transportasi kini dialihkan melalui Kecamatan Darul Hasanah. Pemindahan material dan tumpukan kayu di atas jembatan, BPBD hari ini menurunkan 3 alat berat,” terang Ramisin sebagaimana dikutip dari KBA.ONE.

    Hingga pukul 14.30 WIB sore tadi, jalan lintas Kutacane -Belangkejeren masih tertutup material dan belum bisa dilalui kenderaan. Rumah warga terlihat penuh dengan lumpur dan tumpukan kayu.(ria)

    BERBAGI