Plt.Gubernur Aceh Serahkan Logistik untuk Korban Banjir Trumon

    BERBAGI
    Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan logistik untuk para korban banjir di Aceh Selatan, Selasa (18/12/2018). (Foto/Ist)
    Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan logistik untuk para korban banjir di Aceh Selatan, Selasa (18/12/2018). (Foto/Ist)

    Tapaktuan (Waspada Aceh) – Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Dinas Sosial menyerahkan logistik secara langsung kepada Sekda Aceh Selatan, Nasjuddin, untuk kebutuhan warga terkena dampak banjir di daerah Trumon.

    Nova Iriansyah telah menunjukkan sosok pemimpin yang cepat tanggap terhadap masalah sosial yang dialami warganya. Nova langsung bergerak ke Aceh Selatan, meski pada Selasa dinihari tadi, dia bersama para anggota DPRA baru menuntaskan APBA Tahun 2019.

    Plt Geburnur Aceh itu mengatakan, dalam sepuluh tahun terakhir, di Aceh terjadi banjir hampir setiap tahun. Bukan hanya di Aceh Selatan, tetapi terjadi juga di Sebulussalam, Singkil, Aceh Utara, Aceh Tenggara dan daerah lainnya.

    “Namun yang kita lakukan hari ini adalah antisipasi sementara oleh pemerintah melalui Dinas Sosial dan BPBD serta Tagana,” katanya.

    Bulan lalu, Plt Geburnur Aceh sudah duduk dengan seluruh stakholder professional dan perguruan tinggi. Sekarang sedang memikirkan perencanaan total untuk mengatasi banjir secara menyeluruh dan permanen.

    “Hal itu membutuhkan waktu yang sangat lama dari segi perencanaan, 1 tahun hingga 2 tahun,” jelas Nova Iriansyah.

    Nova Iriansyah mengatakan, pembangunan fisik dari hulu hingga hilir, untuk menata ulang Sungai Souraya Sebulussalam, butuh waktu 10 tahun dengan memakan anggaran yang sangat besar, diprediksi sekitar Rp10 triliun lebih.

    “Ini sudah kami sampaikan kepada bapak Presiden pada 15 Desember 2018 lalu. Sumber anggaran kita cari berbagai sumber dari APBN, APBA, APBD dan lainnya”.

    Nova Iriansyah, berharap pada saat anak cucu nanti, hendaknya tidak merasakan lagi banjir yang sedemikian. Tetapi betuh kesabaran, semetara untuk mengatasi banjir harus sporadis.(Faisal)

    BERBAGI