Insosdes Dorong Pemerintah Aceh Bangun Waduk Atasi Banjir Trumon Raya

    BERBAGI
    Masyarakat terpaksa menggunakan rakit untuk menyeberang, akibat banjir menerjang wilayah Trumon Raya, Aceh Selatan. (Foto/Ist)
    Masyarakat terpaksa menggunakan rakit untuk menyeberang, akibat banjir menerjang wilayah Trumon Raya, Aceh Selatan. (Foto/Ist)

    Tapaktuan (Waspada Aceh) – Mengatasi terjadinya banjir berulangkali yang menerjang Wilayah Trumon Raya, Aceh Selatan, Pemerintah Pusat dan Aceh, diminta untuk memfasilitasi 5 kabupaten/kota membuat perencanaan program bersama.

    Direktur Institute Of Studies Sosial Development Strategy (Insosdes), Aqwal kepada Waspadaaceh.com, Senin (17/12/2018) di Tapaktuan mengatakan, untuk mengatasi banjir Trumon harus ada perencanaan dari hulu hingga hilir.

    “Solusinya pemerintah Kabupate Aceh Selatan, Singkil, Tenggara, Gayo Lues dan Kota Subulussalam, duduk bersama mencari solusi banjir dari hulu hingga hilir dengan perencanaan yang strategis. Salah satunya pembuatan waduk,” katanya.

    Dengan adanya perencanaan, seperti pembuatan waduk, sehingga air kiriman dari hulu sungai yang datangnya dari Subulussalam, Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Tenggara, tidak meluap lagi seperti sekarang ini. Selain itu, masyarakat di bantaran sungai bisa meningkatkan hasil pertanian dan berbagai usaha lainnya.

    Insosdes juga mendorong Pemerintah Aceh melalui Bappeda untuk mencari solusi dan menyelesaikan bersama terkait permasalahan banjir yang menerjang wilayah Trumon Raya, Aceh Selatan, yang bisa hingga tiga kali per-tahun tersebut.

    “Ini permasalahan bersama, pemerintah pusat harus juga memperhatikan terkait banjir selama ini. Kita dorong untuk dilakukan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dari hulu hingga hilir,” tandas Aqwal.(Faisal)

    BERBAGI