Jokowi di Aceh: Tahun Depan Dana Desa Rp70 Triliun

    BERBAGI
    Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, disambut Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat tiba di Bandara Internasional Blang Bintang, Banda Aceh, Kamis malam (13/12/2018). (Foto/setkab.go.id)
    Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, disambut Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat tiba di Bandara Internasional Blang Bintang, Banda Aceh, Kamis malam (13/12/2018). (Foto/setkab.go.id)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Presiden RI, Joko Widodo, dalam kunjungan kerjanya di Aceh, Jumat hari ini (14/12/2018), bersilaturrahmi dengan para ulama dan juga menghadiri sosialisasi dana desa di Banda Aceh, sekaligus bertemu dengan para kepala desa/perangkat desa dan para pendamping desa.

    Presiden Jokowi tiba di di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, yaitu lokasi kegiatan Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, sekitar pukul 10:22 WIB.

    Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haytar, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo.

    Saat masuk ke lokasi acara, Jokowi menyapa peserta terdiri dari para kepala desa, pendamping desa, penyuluh, dan undangan lainnya. Selain itu, sejumlah bupati dan anggota dewan di Aceh turut hadir, duduk di belakang Presiden Jokowi.

    Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pemerintah sudah mengucurkan ratusan triliun rupiah dana desa selama empat tahun ini. Rinciannya, pada 2015 sebesar Rp20,68 triliun, pada 2016 Rp46,98 triliun dan pada 2017-2018 masing-masing Rp60 triliun.

    “Tahun depan akan kita naikkan menjadi Rp70 triliun,” kata Jokowi.

    Jokowi pada kesempatan itu meminta seorang kepala desa dan seorang pendamping desa untuk naik ke panggung. Presiden ingin mendengar langsung curhat keduanya. “Tapi jangan minta sepeda,” canda Jokowi disambut tawa seluruh peserta.

    Bertemu Ulama Aceh

    Pada pagi tadi, di Ball Room Hotel Hermes, di mana Jokowi menginap, presiden bertemu dengan 105 tokoh ulama kharismatik, alim ulama, dan pimpinan pengurus pondok pesantren dari seluruh Aceh. Presiden menyapa dan menyalami satu per satu para ulama yang sudah berdiri dari tempat duduknya.

    Kepala Negara mengaku berbahagia bisa bertemu dan bersilahturahmi dengan para ulama yang tinggal di Aceh. Jokowi mengatakan, kunjungannya ke tanah “Serambi Makkah” itu sudah dilakukan sebanyak sembilan kali.

    Jokowi sepanjang hari ini tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan mengenakan peci hitam.

    Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, mendarat di Bandara Internasional Blang Bintang pada Kamis malam (13/12/2018), sekitar pukul 22:00 WIB. Presiden dan rombongan selanjutnya menuju ke Hotel Hermes Banda Aceh sekitar pukul 23.30 WIB dan mengingap di hotel tersebut.

    Presiden Joko Widodo selama berada di Aceh, dijadwalkan akan meresmikan sejumlah proyek, antara lain jalan layang atau fly over Banda Aceh, ground breaking jalan Tol Sigli – Banda Aceh, atau Sibanceh, dan meresmikan Masjid Attarub, serta KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Arun, Lhokseumawe. (ria)

    BERBAGI