Beranda Aceh Cegah Malaria Kera, Dinkes Aceh Barat Fogging Ratusan Rumah

Cegah Malaria Kera, Dinkes Aceh Barat Fogging Ratusan Rumah

BERBAGI
ILUSTRASI (Foto/youtube)
ILUSTRASI (Foto/youtube)

Meulaboh (Waspada Aceh) – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat kini telah melakukan fogging (pengasapan) terhadap seratusan rumah yang tersebar di Desa Meutulang dan Paya Baro, Kecamatan Panton Reue.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria kera (malaria zoonotic). Penyakit ini sebelumnya menyerang pasangan suami isteri di kawasan itu, yakni mengalami demam tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, TR Ridwan kepada Waspadaaceh.com, Selasa (4/12/2018) di Meulaboh mengatakan, pengasapan yang dilakukan tersebut, untuk memastikan sebaran penyakit malaria kera di kawasan ini dapat segera berakhir.

“Senin kemarin baru kita fogging, hari ini juga kita lanjutkan,” katanya. Menurutnya, memang harus dilakukan pencegahan terhadap penyakit malaria kera agar tidak menyebar kepada masyarakat lainnya.

Cara lain yang dilakukan Dinas Kesehatan Aceh Barat, yakni mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di kawasan Panton Reue, agar ketika tidur di malam hari, supaya menggunakan kelambu.

“Penggunaan kelambu pada malam hari juga sangat efektif untuk mencegah sebaran penyakit malaria melalui nyamuk,” tambahnya.

TR Ridwan juga memastikan pasangan suami isteri yang sebelumnya terserang penyakit tersebut kini kondisinya sudah berangsur membaik dan mulai pulih. (b01/ded)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here