Beranda Aceh 137 Calon Mahasiswa Al-Azhar asal Aceh Dipeusijeuk

137 Calon Mahasiswa Al-Azhar asal Aceh Dipeusijeuk

BERBAGI
Ketua IKAT, H. M Fadhil Rahmi, Lc, pada acara peusijuek calon mahasiswa Al-Ahzar, Mesir, dari Aceh. (Foto/Ist)
Ketua IKAT, H. M Fadhil Rahmi, Lc, pada acara peusijuek calon mahasiswa Al-Ahzar, Mesir, dari Aceh. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebanyak 137 calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dilepas dan dipeusijeuk di Aula Kanwil Kemenag RI di Jakarta.

Kegiataj tersebut berlangsung di hadapan ratusan undangan terdiri dari para calon mahasiswa yang akan berangkat dan keluarga mereka, pada Minggu (2/12/2018). Usamah Almadny dan Abi Abdul Razak, lc, mewakili orang tua siswa untuk melakukan peusijeuk.

Acara tersebut digagas Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) yang juga sebagai fasilitator pemberangkatan para calon mahasiswa ke mesir.

Dalam paparannya, Ketua Lembaga Edukasi Timur Tengah, Syafrudin Abdurrahman menyatakan, keberadaan mereka sebagai lembaga otonom di bawah IKAT, adalah untuk memfasilitasi pendidikan ke Timur Tengah.

Sementara Ketua IKAT, H. M Fadhil Rahmi, Lc menyatakan, secara kelembagaan di Indonesia, IKAT adalah lembaga pertama yang membantu proses dari awal sampai akhir dalam memfasilitasi calon mahasiswa kuliah ke Mesir dan Timur Tengah.

“Dulu tempat test di Medan. Alhamdulillah sekarang sudah permanen di Banda Aceh, ” paparnya.

Setiap tahunnya, kata Fadhil, jumlah kelulusan meningkat secara signifikan. “2016 lulus 42 orang, tahun 2017 lulus 119 orang, dan tahun ini (2018) yang lulus mencapai 169 orang, walau yang berangkat hanya 137 orang,” ungkapnya.

Dijadwalkan, 137 calon mahasiswa tersebut akan mulai diberangkatkan pada Selasa hari ini (3/2/2018) menuju Kairo, Mesir, setelah transit di Jeddah, Saudi Arabia. (ria)

BERBAGI