Sudah 20 Napi Lapas Lambaro Ditangkap Kembali

    BERBAGI
    Petugas kepolisian berjaga-jaga di Lapas Klas IIA Lambaro, beberapa saat setelah terjadi pembobolan oleh para napi. (Foto/KBA.ONE/Fatma)
    Petugas kepolisian berjaga-jaga di Lapas Klas IIA Lambaro, beberapa saat setelah terjadi pembobolan oleh para napi. (Foto/KBA.ONE/Fatma)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Hingga Kamis tengah malam tadi (29/11/2018), sedikitnya sudah 20 narapidana (napi) yang ditangkap kembali, setelah sebelumnya sempat melarikan diri dari Lapas Klas IIA Lambaro, Banda Aceh/Aceh Besar, bertepatan waktu sholat Magrib Kamis malam tadi.

    Para napi kabur setelah berhasil merusak dan membobol teralis Lapas tersebut. Diperkirakan sekitar 113 napi melarikan diri. Sedangkan Lapas Klas IIA Lambaro, dihuni sekitar 726 orang napi.

    Sumber di kepolisian setempat menyebutkan, 20 napi yang berhasil ditangkap tersebut telah dikembalikan di LP Klas II A Lambaro. Sedangkan sisanya masih terus diburu oleh aparat kepolisian setempat.

    Berita Terkait: Puluhan Napi Kabur dari Lapas Lambaro, Aceh Besar

    Para napi ini kabur ke berbagai arah, diantaranya ke lahan persawahan penduduk, ke pinggir kali, hingga bersembunyi ke rumah penduduk yang kosong. Mereka melarikan diri setelah sebelumnya terjadi kerusuhan di Lapas Klas IIA tersebut.

    Hingga kini belum diketahui pasti penyebab kerusuhan LP Klas IIA Lambaro, sementara pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan terkait insiden dimaksud.

    Berita Terkait: Polisi Tangkap 9 Orang dari 113 Napi Kabur dari Lapas Lambaro

    Pada Januari 2018 lalu, pernah terjadi kerusuhan di Lapas yang sama. Aparat keamanan yang terdiri dari TNI, polisi/brimob kemudian berhasilĀ  mengamankan para napi dan meredakan kerusuhan di Lapas tersebut. (***)

    BERBAGI