Beranda Aceh Penampakan Harimau Resahkan Warga di Aceh Selatan

Penampakan Harimau Resahkan Warga di Aceh Selatan

BERBAGI
Penampakan harimau Sumatera di kawasan Gunung Sengkarong, Aceh Selatan, yang meresahkan warga setempat. (Foto/Ist)
Penampakan harimau Sumatera di kawasan Gunung Sengkarong, Aceh Selatan, yang meresahkan warga setempat. (Foto/Ist)

Tapaktuan (Waspada Aceh) РJamal, seoarang warga Lawe Sawah, mengaku melihat seekor Harimau Sumatera di Pintu Angin Genung Sekorong, Gampong Paya Dapur Kluet Timur, Kabupaten  Aceh Selatan.

Jamal mengatakan, penampakan harimau itu hanya terjadi beberapa hari terakhir. Warga dibuat resah dan cemas dengan penampakan hewan buas tersebut.

“Ya benar, kami melihat sekitar jam 6 lewat, harimau. Sempat kami foto dengan menggunakan camera hp dari dalam mobil,” ungkap Jamal, Sabtu (24/11/2018) di Kota Fajar.

Hal yang sama juga disampaikan Hasfizal warga Kluet Timur. Dia menduga harimau yang sering dilihat masyarakat akhir-akhir ini adalah harimau yang sengaja dilepas oleh Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Menurutnya, bukanlah tanpa alasan, karena sudah sangat lama sekali masyarakat setempat tidak melihat harimau di sekitaran Gunung Sekarong.

Harimau di wilayah Kluet pada umumnya tidak jinak, berbeda dengan yang dilihat masyarkat saat ini. Bahkan menurut cerita beberapa warga, mereka sering dibuntuti oleh harimau ketika hendak ke kebun membawa makanan.

“Biasanya ketika harimau turun ke pemukiman pasti ada ternak yang dimakan, tapi kali ini tidak ada. Bahkan sangking jinaknya warga bisa dapat memotret harimau dari dekat,” jelas Hasfizal.

Harimau Berkeliaran

Sementara Kepala Resort BKSDA Aceh Selatan, Wirli, saat dikonfirmasi secara terpisah membenarkan adanya harimau yang berkeliaran di kaki Gunung Sekorong, dan di lokasi yang sedang dipasang camera kembali.

Selain itu, Wirli membantah isu yang mengatakan bahwa harimau yang meresahkan masyarkat itu adalah harimau yang sengaja dilepaskan oleh BKSDA Aceh Selatan.

“Mana masuk akal kami melepaskan harimau. Dari mana kita dapat harimau dan melepasnya, sementara kami saja masih di lokasi sekarang ini bersama pak Camat dan Posramil,” pungkas Wirli. (Faisal)

Berita Terkait: BKSDA Aceh Selatan Terus Berupaya Halau Harimau Kembali ke Hutan

BERBAGI