Seremoni Pembukaan PORA XIII di Jantho Dirancang Meriah

    BERBAGI
    Jantho Sport Center (JSC), lokasi pembukaan PORA XIII, yang akan digelar meriah. (Foto/Ist)
    Jantho Sport Center (JSC), lokasi pembukaan PORA XIII, yang akan digelar meriah. (Foto/Ist)

    Jantho (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, kepada wartawan mengatakan, acara seremoni pembukaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII akan dirancang semeriah mungkin pada malam hari di Jantho Sport Center (JSC).

    Mawardi Ali mengatakan hal itu usai pertemuan dengan tim pengarah PORA dari KONI Aceh dan Tehnical Delegete Cabang Olahraga di Meuligoe Bupati, Jantho, Sabtu (10/11/2018). Menurut bupati, pembukaan multi event olahraga empat tahunan Aceh itu akan dimeriahkan tarian-tarian tradisional Aceh, atraksi para atlet nasional, artis ibukota dan peluncuran kembang api.

    Perkiraan cuaca dari BMKG pada 18 November curah hujan tinggi. Karenanya, supaya lebih meriah, malam pembukaan nantinya akan dilaksanakan 19 November, mundur satu hari dari jadwal 18 November.

    “Kalaupun potensi hujan juga tinggi pada 19 November, kita tetap laksanakan sesuai jadwal semula di tanggal 18 November, karena tidak mungkin digeser sampai pada 20 November atau 22 November,” paparnya.

    Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pesta olahraga se Provinsi Aceh ini berlangsung 18 – 25 November 2018.

    Menurut Mawardi, jika terjadi pergeseran jadwal pembukaan tidak menganggu jadwal dimulainya pertandingan semua cabang olahraga.

    Pertandingan semua cabang olahraga tetap sesuai jadwal masing – masing. Seperti sepakbola sudah dimulai 16 November.

    “Kita usahakan pembukaan PORA ini meriah dan kita siap menjadikan PORA yang terbaik,” ujarnya.

    Mawardi Ali menyebutkan, JSC selain tempat pembukaan juga lokasi venue (tempat pertandingan) sejumlah cabang olahraga. Sedangkan basket kemungkinan digelar di Hall Serbaguna, Lhong Raya, Banda Aceh.

    “Untuk atletik di JSC, sepakbola di lapangan Jantho dan Lubok. Voli di GOR Garpu Lambaro dan cabang olahraga lainnya di sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

    Dalam pertemuan dengan panitia pengarah dan tehnical delegate, bupati memparkan tuan rumah menyiapkan konsumsi dan akomodasi untuk semua peserta dari kontingen kabupaten/kota. Termasuk menyediakan transportasi lokal selama kegiatan PORA.

    Panitia Pengarah PORA KONI Aceh, Rayuan Sukma, mengatakan, pihaknya dan semua peserta kabupaten/kota siap menyuksekan PORA.

    Rayuan juga mengingatkan, semua pertandingan cabang olahraga yang menggunakan matras seperti beladiri, pelaksanaannya tetap harus di dalam ruangan.

    Sedikitnya 29 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, anggar, angkat besi, arung jeuram, balap sepeda, bermotor, bulutangkis, bola voli, catur, dayung, drum band, futsal, karate, kempo, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencat silat, renang, sepakbola, sepak takraw, selam, tarung derajat, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan.

    Multi even olahraga empat tahunan di Aceh ini akan diikuti 4069 atlet dari 23 kabupaten/kota.(Adv)

    BERBAGI