Beranda Sumut Amirsyah Tambunan: Jadikan Masjid Basis Ekonomi Umat

Amirsyah Tambunan: Jadikan Masjid Basis Ekonomi Umat

BERBAGI
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr.H.Amirsyah Tambunan. (Foto/Ist)
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr.H.Amirsyah Tambunan. (Foto/Ist)

Medan (Waspada Aceh) РWakil Sekretaris  Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr.H.Amirsyah Tambunan, mendorong umat Islam agar menjadikan masjid sebagai basis untuk membangun ekonomi umat, selain sebagai tempat ibadah sholat dan memperdalam agama.

Amirsyah juga mengingatkan umat Islam bahwa kegiatan membangun masjid berarti juga membangun peradaban umat Islam. Untuk itu diharapkan, umat Islam selalu mendukung setiap adanya pembangunan masjid, kata Amirsyah Tambunan pada acara peresmian menara Masjid Taqwa di Kota Parapat, Simalungun, dan pengajian akbar, Minggu (4/11/2018).

Para jamaah/undangan yang menghadiri peresmian menara Masjid Raya Taqwa Parapat dan pengajian akbar, belum lama ini. (Foto/Ist)
Para jamaah/undangan yang menghadiri peresmian menara Masjid Raya Taqwa Parapat dan pengajian akbar, belum lama ini. (Foto/Ist)

Di hadapan sekitar 3000 jamaah, Amirsyah juga mengatakan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, umat Islam harus  memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.

“Umat harus memiliki kekuatan dengan kecerdasan intelektual, spiritual dan kecerdasan emosional. Islam juga menekankan pentingnya kualitas umat (khoru ummah), umat yang satu (ummatan wahidah) dan umat pertengahan (washata), yang menjadi saksi penegakan keadilan,” kata Amirysah Tambunan, yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) ini.

Terkait dengan peranan masjid dalam kehidupan sosial ekonomi, Amirsyah Tambunan, menyebutkan bahwa tiga fokus fungsi masjid, selain sebagai tempat ibadah sholat dan belajar agama, juga sebagai wadah untuk membangun basis ekonomi umat, membangun sosial budaya Islami dan menciptakan budaya tertib, damai dan bersih, dengan dasar iman dan taqwa kepada Allah.

Terkumpul Donasi Rp700 Juta

Pada kesempatan itu, ustadz H.Lukman Hakim, mengajak para jamaah agar mau memberikan infaq (donasi) untuk biaya perluasan Masjid Taqwa Parapat.

Lukman Hakim yang memimpin Gerakan Amal Saleh (GAS), berhasil menghimpun dana mencapai Rp700 juta untuk memperluas masjid yang didirikan tahun  1949 tersebut.

Pada tahun 2016, peletakan batu pertama pembangunan menara Masjid Taqwa Parapat dilakukan oleh Danlantamal I, Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, ditandai dengan penandatanganan prasasti, dihadiri tokoh ulama, camat, kapolsek dan tokoh pemuda. (Al-Farizi)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here